Minggu, 12 Desember 2010

Menggambar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Menggambar (Inggris: drawing) adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Pelakunya populer dengan sebutan Penggambar/juru gambar (inggris:draftsman) yang merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.

Subjek utama
Kebanyakan karya dengan cara menggambar adalah representasi dari ingatan atau imajinasi seorang juru gambar. Subjek ini bisa berupa tampilan realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti potret, setengah realistis seperti karya-karya sketsa, atau yang benar-benar mementingkan gaya gambar seperti kartun, karikatur, atau gambar abstrak.

Peralatan dan media
Yang sering digunakan adalah pensil grafit, pena, kuas tinta, pensil warna, crayon, pensil konte, dan spidol. Bisa pula dengan peralatan digital seperti stylus, mouse, atau alat lain yang menghasilkan efek sama seperti peralatan manual.

Media permukaan yang sering digunakan adalah kertas, meskipun tidak menutup kemungkinan pula digunakannya media lain seperti kain, permukaan kayu, dinding, dan lain-lain.

Sebagai peralatan pendukung, digunakan pula penyerut pensil, kertas pasir, penghapus khusus, chamois, penggaris, larutan fixatif, dan selotip khusus menggambar untuk membuat efek-efek tertentu. Meja gambar digunakan untuk mengurangi distorsi dan kesalahan perspektif akibat ketidaknormalan posisi mata saat menggambar.

Teknik
Teknik yang sering digunakan adalah menggaris, hatching, scribbling, stippling, dan blending.
Garis-garis drawing dengan penggunaan sanguine oleh Leonardo da Vinci.

Hatching
Hatching (hachure dalam Bahasa Perancis) dan juga cross-hatching adalah teknik dalam lukisan dan karya grafis yang digunakan untuk memberikan efek warna maupun bayangan dengan membuat garis-garis paralel. Jika garis-garis paralel ini ditimpa dengan garis-garis paralel lain yang saling berpotongan, maka teknik ini menjadi cross hatching.

Perupa menggunakan teknik ini dengan memvariasikan jarak, sudut, panjang, dan jenis-jenis garis sehingga dihasilkan gradasi bayangan tertentu.

Teknik ini sangat populer pada masa Renaisans Awal.

Teknik dasar
Konsep utama dari hatching adalah bahwa kepadatan, jumlah, dan ketebalan garis akan sangat mempengaruhi efek bayangan yang dihasilkan. Dengan meningkatkan kepadatan, jumlah, dan jarak antar garis, maka bayangan yang dihasilkan semakin gelap, begitu pula sebaliknya.

Kontras bayangan bisa pula dicapai dengan mendekatkan dua jenis hatching yang berbeda sudut garisnya. Sebagai hasilnya, variasi garis ini akan memberikan ilusi warna, yang bila digunakan secara konsisten akan mengasilkan imaji yang realistis.

Scribbling
Untuk menulis tergesa-gesa atau sembarangan tanpa memperhatikan keterbacaan atau bentuk. Untuk menutupi dengan tulisan-tulisan ceroboh atau tidak berharga atau gambar
Etimologi: Inggris Pertengahan scriblen, dari Medieval Latin scribillare, dari scribere Latin untuk menulis
 

coretan adalah gambar terdiri dari acak dan abstrak baris, umumnya tanpa pernah mengangkat perangkat gambar dari kertas. Menulis yang paling sering dikaitkan dengan anak-anak muda dan balita , karena mereka kurang -mata koordinasi tangan dan perkembangan mental yang lebih rendah sering membuat sangat sulit bagi setiap anak muda untuk menjaga mereka mewarnai upaya dalam seni baris subjek.

Orang dewasa juga coretan, meskipun secara umum hal itu dilakukan riang, karena bosan (seperti dalam mencoret-coret ), atau sebagai bentuk seni abstrak, atau untuk melihat apakah pena bekerja.

Coretan juga merupakan jenis grafis web, sering dikaitkan dengan piksel dan lucu website. Mereka sama sekali berbeda dari pixeling, sebagai bukan hati-hati gambar grafis pixel demi pixel, gambar yang dibuat oleh menggambar cepat sekitar garis besar objek beberapa kali - ini memberikan pengaruh scribbly. Hasilnya adalah longgar ditarik, sangat samar karya seni.

coretan A juga dapat merujuk pada representasi ditarik kasar dari desain.  coretan panjang ( kata benda ) sering digunakan di kalangan desain perangkat lunak untuk berarti representasi ditarik cepat program-komputer atau tata letak situs web.

Stippling
Untuk stippling gingiva, lihat stippling (kedokteran gigi) .
Contoh stippling dalam ilustrasi biologis.
Artistik komposisi unsur musik menggunakan teknik stippling.
bunga karnivora diambil menggunakan teknik stippling

Stippling adalah penciptaan pola simulasi berbagai tingkat soliditas atau shading dengan menggunakan titik-titik kecil. Pola seperti dapat terjadi di alam dan efek ini sering ditiru oleh seniman.


Seni
  Dalam sebuah gambar atau lukisan , titik-titik terbuat dari pigmen dari warna tunggal, diaplikasikan dengan pena atau kuas , yang padat titik, semakin gelap jelas bayangan-atau lebih ringan, jika pigmen lebih ringan dari permukaan. Hal ini mirip dengan-tapi berbeda dari- pointilisme , yang menggunakan titik-titik warna yang berbeda untuk mensimulasikan warna dicampur.


Dalam Seni grafis , mungkin titik diukir dari permukaan yang tinta akan diterapkan, untuk menghasilkan baik atau lebih rendah kepadatan lebih besar tinta tergantung pada teknik pencetakan. Dalam ukiran, teknik diciptakan oleh Giulio Campagnola pada sekitar 1510. Stippling juga dapat digunakan dalam mengukir atau memahat suatu benda bahkan ketika ada tinta atau cat yang terlibat, baik untuk mengubah tekstur objek, atau untuk menghasilkan tampilan terang atau gelap shading tergantung pada sifat reflektif dari permukaan: untuk Misalnya, ukiran gambar titik-titik pada kaca menghasilkan daerah-daerah yang tampak lebih terang daripada kaca sekitarnya.

Teknik ini menjadi populer sebagai alat produksi berbayang line art ilustrasi untuk publikasi, karena gambar yang dibuat dengan cara ini bisa direproduksi dengan tinta hitam sederhana. Metode umum lainnya adalah penetasan , yang menggunakan garis-garis bukan titik.  Stippling secara tradisional telah difavoritkan daripada menetas dalam biologi dan ilustrasi medis , karena kurang mungkin dibandingkan menetas dapat mengganggu secara visual dengan struktur yang digambarkan (garis yang digunakan dalam penetasan bisa salah untuk kontur yang sebenarnya), dan juga karena memungkinkan seniman untuk bervariasi kepadatan naungan lebih halus untuk menggambarkan permukaan lengkung atau tidak teratur.

Gambar yang dihasilkan oleh halftoning atau dithering dan komputer printer beroperasi pada prinsip-prinsip yang sama (bervariasi ukuran dan / atau jarak titik pada kertas), tetapi melakukannya melalui proses fotografi atau digital daripada secara manual.  Teknik-teknik baru telah memungkinkan untuk mengubah-nada gambar terus menerus ke dalam pola yang cocok untuk dicetak, tetapi artis masih dapat memilih stippling karena kesederhanaan dan tampilan buatan tangan. The Wall Street Journal masih fitur dan menetas potret dibintiki dikenal sebagai hedcuts di halaman, sebuah peninggalan dari penghindaran sebelumnya atas foto .


  Botani
Dalam deskripsi spesies flora, istilah stippling dipanggil untuk menjelaskan pola-pola tertentu, terutama dalam hal tanaman berbunga. Ada pola diproduksi di alam yang terjadi pada kelopak bunga dan sepal yang mirip dengan titik pola-pola dalam karya seni yang menghasilkan pola yang sering rumit. Contohnya dapat dilihat pada dasar bagian dalam kelopak luteus Calochortus , sebuah poppy endemik di California . 


Kegunaan lain
Ini titik-titik panjang juga dapat diterapkan pada pola acak depresi kecil diterapkan ke permukaan untuk meningkatkan gesekan dan membuat permukaan mudah untuk pegangan. Proses ini mirip dengan knurling atau checkering, tetapi sering kali digunakan pada permukaan lengkung kompleks, seperti anatomi grip, di mana pola biasa tidak akan cocok. Stippling can be cast into plastic objects, or applied with a hammer and punch to wood or metal objects. Stippling dapat dilemparkan ke dalam plastik objek, atau diterapkan dengan palu dan pukulan untuk kayu atau logam objek.

  Sebuah penggunaan lebih lanjut dari titik-titik menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh tungau laba-laba yang membuat bintik-bintik putih kecil pada daun tanaman yang bisa menyatu sampai seluruh daun muncul keperakan.
Stippling juga merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pola melingkar dari titik-titik yang dibuat sekitar luka tembak ketika senjata api dibuang dalam jarak sangat dekat dengan kulit.

Blending

Dalam linguistik , sebuah campuran adalah sebuah kata terbentuk dari bagian-bagian dari dua atau lebih kata lain. These parts are sometimes, but not always, morphemes . 


Linguistik

Campuran berurusan dengan tindakan abridging dan kemudian menggabungkan berbagai leksem untuk membentuk kata baru. Namun, proses yang mendefinisikan kata-kata memadukan benar dan yang tidak lebih rumit. Kesulitan muncul dalam menentukan bagian mana dari kata baru "kembali" (akar dapat dibedakan).


There are many types of blends, based on how they are formed. Ada banyak jenis campuran, berdasarkan bagaimana mereka terbentuk. Algeo, a linguist, proposed dividing blends into three groups [ 1 ] : Algeo, seorang ahli bahasa, diusulkan membagi menyatu menjadi tiga kelompok [1] :

1. Phonemic Overlap: suatu suku kata atau bagian dari suatu suku kata dibagi antara dua kata
2. Clipping: pemendekan dari dua kata dan kemudian peracikan mereka
3. Phonemic Overlap and Clipping: pemendekan dari dua kata ke suku kata bersama dan kemudian penggabungan

Namun, klasifikasi jenis campuran yang tidak standar antara semua ahli bahasa.


Formasi
Kebanyakan campuran dibentuk oleh salah satu metode berikut:

1. Awal dari satu kata yang ditambahkan ke ujung yang lain (lihat portmanteau ). Sebagai contoh, brunch adalah campuran dari eakfast br dan unch l.
* simul taneous (5) + broad cast (2) → simulcast (3, exception) Simul taneous 5) + luas cast ((2) → simulcast (3, pengecualian)
* sm oke (1) + f og (1) → smog (1) sm oke (1) + og f (1) → asap (1)
* sp oon (1) + f ork (1) → spork (1) sp oon (1) + ork f (1) → spork (1)
2. Pada awal dari dua kata yang digabungkan.  . Sebagai contoh, cyborg adalah campuran dari cyb ernetic dan anism org .
3. Dua kata ini dicampur sekitar urutan umum suara.  Misalnya, kata Californication , dari sebuah lagu oleh Red Hot Chili Peppers , adalah campuran dari sebuah Californi dan percabulan , dan kata motel adalah campuran dari mot atau dan otel h
4. Beberapa suara dari dua kata komponen ini dicampur, sedangkan sebagian besar menjaga agar suara '. Poet Lewis Carroll was well known for these kinds of blends. Penyair Lewis Carroll terkenal atas bentuk campuran.  Contoh dari hal ini adalah kata slithy , campuran lentur dan y m sli . Metode ini sulit dicapai dan dianggap sebagai tanda's verbal Carroll wit .
Ketika dua kata digabungkan secara keseluruhan, hasilnya adalah dianggap sebagai kata majemuk bukan campuran.  Sebagai contoh, bagpipe merupakan senyawa, bukan campuran, tas dan pipa.


Campuran dua akar
 Pencampuran dapat juga berlaku untuk akar bukan kata-kata, misalnya dalam Ibrani Israel . " Israeli דחפור dakhpór 'bulldozer' hybridizes ( Mishnaic Hebrew >>) " Israel buldoser 'דחפור dakhpór' hybridizes ( Mishnaic Ibrani >>) Israel 'push' דחפ √ dHp dan ( Alkitab Ibrani >>) Israel 'menggali'[...] חפר √ HPR Israel shiltút שלטוט 'kejutan listrik, berselancar saluran, membalik melalui saluran 'berasal dari (i) ( Ibrani >) Israel shalat שלט 'remote control', ellipsis sebuah - seperti Inggris jauh (tetapi menggunakan kata benda, bukan) - dari luas diketahui) senyawa (שלט רחוק rakhók Shalat - cf. di Akademi Bahasa Ibrani 's שלט shalat rákhak רחק, dan (ii) ( Ibrani >) Israel שטוט shitút 'mengembara, pergelandangan'. Israel שלטוט shiltút diperkenalkan oleh Akademi Bahasa Ibrani di [...] 1996. sinkron, mungkin tampaknya hasil dari reduplikasi dari konsonan akhir 'shalat remote kontrol. Contoh lain dari pencampuran yang juga telah dijelaskan sebagai reduplikasi belaka adalah Israel גחלילית gakhlilít 'api-fly, glow-fly, Lampyris'. koin ini oleh Hayyim Bialik Nahman campuran ( Ibrani >) Israel batubara 'גחלת' gakhélet terbakar dengan ( Ibrani >) Israel 'malam לילה Layla'. Bandingkan dengan khakhlilít חכלילית unblended '(hitam) redstart, Phœnicurus' (<< Alkitab Ibrani חכליל ' kusam merah, kemerahan '). sinkron berbicara meskipun, paling asli Israel-speaker merasa gakhlilít yang meliputi reduplikasi dari radikal ketiga GHL √ גחל bagaimana. Ini adalah kebetulan Ernest Klein  menjelaskan gakhlilít. Karena ia mencoba untuk memberikan etimologi , deskripsi nya mungkin menyesatkan jika orang setuju bahwa Hayyim Nahman Bialik telah menyatu dalam pikiran ". Ada dua analisis etimologis mungkin bagi Israel Ibrani כספר Kaspar "Petugas bank, teller '(. Yang pertama adalah bahwa hal itu terdiri dari bahasa Ibrani >) Israel uang 'כסף késef' dan ( Internasional / Ibrani >) Israel agentif akhiran ר - - ar. Yang kedua adalah bahwa itu adalah kuasi- kata portmanteau yang memadukan כסף 'késef' uang dan ( Ibrani >) Israel 'count' ספר √ spr. Israel Ibrani Kaspar כספר dimulai sebagai nama merek tetapi segera masuk ke bahasa umum. Bahkan jika analisis kedua adalah yang benar, yang ר suku kata akhir --ar rupanya difasilitasi nativization karena dianggap sebagai bahasa Ibrani sufiks ר --ar (mungkin dari Persia silsilah), yang biasanya mengacu pada pengrajin dan profesional, misalnya seperti dalam Mendele Mocher Sforim 's koin סמרטוטר smartutár' lap-dealer '. 


pemilihan leksikal
  Blending mungkin terjadi dengan kesalahan dalam pemilihan leksikal, proses dimana seorang pembicara menggunakan pengetahuan semantik untuk memilih kata-kata. Lewis Carroll 's penjelasan, yang memunculkan penggunaan' portmanteau 'untuk kombinasi tersebut, adalah:

Humpty Dumpty teori itu, dari dua makna dikemas menjadi satu kata seperti sebuah portmanteau, tampaknya saya penjelasan yang tepat untuk semua. Sebagai contoh, ambil dua kata "marah" dan "marah." Membuat pikiran Anda bahwa Anda akan mengatakan kedua kata ...  Anda akan berkata "frumious."


Kesalahan yang didasarkan pada kesamaan makna, daripada fonologis kesamaan, dan morfem atau fonem tinggal di posisi yang sama di dalam suku kata


Penggunaan
. Beberapa bahasa, seperti Jepang , mendorong pemendekan dan penggabungan kata-kata asing yang dipinjam (seperti dalam gairaigo ), karena mereka panjang atau sulit untuk diucapkan dalam bahasa target.  Misalnya, karaoke, kombinasi dari kata kara Jepang (berarti kosong) dan oke bentuk terpotong dari "orkestra Inggris loanword" (J. ōkesutoraオーケストラ), adalah campuran Jepang yang telah memasuki bahasa Inggris. (From the article gairaigo .) (Dari artikel gairaigo .)

Banyak perusahaan nama merek , merek dagang, dan inisiatif, serta nama-nama perusahaan dan organisasi sendiri, yang campuran. Sebagai contoh, Wiktionary , salah satu adik proyek's Wikipedia, adalah campuran dari wiki dan kamus .  Juga, Nabisco adalah campuran dari suku kata awal cuit Co internasional Na mpany Bis.

Sejarah
Manusia diketahui telah berusaha membuat karya drawing sejak masa prasejarah. Kegiatan ini kemudian menyebar di Eropa sejak tahun 1400an seiring berkembangnya penggunaan kertas. Sejak saat itu, setiap abad telah menghasilkan karya-karya drawing hebat.

Perupa yang terkenal dengan teknik menggambar pada tahun 1400an hingga 1500an antara lain Leonardo da Vinci, Albrecht Dürer, Michelangelo, dan Raphael. Selama 1600an adalah Claude, Nicolas Poussin, Rembrandt, dan Peter Paul Rubens. Pada 1700an, karya-karya terkenal dibuat oleh Jean-Honoré Fragonard, Francisco Goya, Giovanni Battista Tiepolo, dan Antoine Watteau. Pada tahun 1800an adalah Paul Cézanne, Jacques Louis David, Edgar Degas, Theodore Gericault, Jean Ingres, , Odilon Redon, Henri de Toulouse-Lautrec, dan Vincent Van Gogh. Pada era 1900an karya-karya terbaik dibuat oleh Max Beckmann, Willem De Kooning, Jean Dubuffet, Arshile Gorky, Paul Klee, Oscar Kokoschka, Jules Pascin, Pablo Picasso, dan Jackson Pollock.

Menggambar secara digital
Perkembangan perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer. Contohnya adalah karya gambar oleh Peter Welleman.

Berikut daftar perngkat lunak yang memungkinkan kegiatan menggambar:
* Microsoft Expression
* Inkscape
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Paint Shop Pro
* Corel Painter
* Pixia
* Kolourpaint
* Microsoft Paint
* The GIMP
* openCanvas

Dalam dunia internet, berkembang pula komunitas oekaki, yaitu kegiatan menggambar' yang setiap tahapannya bisa diliat oleh pengguna di belahan dunia lain.

Lihat pula
* Lukisan
* Cat air


Karya-karya terkenal
* James Gillray at The National Portrait Gallery (United Kingdom).
* Goya's Disasters of War at Napoleon Guide
* Hogarth's The Rake's Progress and other of his works
o Catatan: situs web komersil.
Reaksi:

0 komentar: